Minggu, 17 April 2011

Peran Stres dalam Memahami Hubungan Manusia dengan Lingkungan

Peran Stres dalam Memahami Hubungan Manusia dengan Lingkungan
           
Membahas tentang manusia berarti membahas tentang kehidupan sosial dan budayanya, tentang tatanan nilai-nilai, peradaban, kebudayaan, lingkungan, sumber alam, dan segala aspek yang menyangkut manusia dan lingkungannya secara menyeluruh.
Manusia adalah mahluk hidup ciptaan tuhan dengan segala fungsi dan potensinya yang tunduk kepada aturan hukum alam, mengalami kelahiran, pertumbuhan ,perkembangan, dan mati, dan seterusnya, serta terkait serta berinteraksi dengan alam dan lingkungannya dalam sebuah hubungan timbal balik baik itu positis maupun negatif. Manusia atau orang dapat diartikan berbeda-beda menurut biologis, rohani, dan istilah kebudayaan, atau secara campuran. secara biologis, manusia diklasifikasikan sebagai homo sapiens (bahasa latin untuk manusia)sebuah spesies primata dari golongan mamalia yang dilengkapi otak berkemampuan tinggi. Manusia juga sebagai mahkluk individu memiliki pemikiran-pemikiran tentang apa yang menurutnya sesuai ketika tindakan-tindakan yang ia ambil. dan sebagai makhluk sosial yang saling berhubungan dan keterkaitannya dengan lingkungan dan tempat tinggalnya.
Menurut Veitch dan Arkkelin (1995) stres dicirikan sebagai proses yang membuka pikiran, sehingga akan bertemu dengan stressor, menjadi sadar akan bahaya, memobilisasi usaha untuk mengatasinya, mendorong untuk melawannya, serta yang membuat gagal atau berhasil dalam beradaptasi.
Lingkungan sangat mempengaruhi tingkah laku dan pola pikir manusia. Dalam kehidupannya, manusia selalu berinteraksi dan tergantung dengan lingkungan. Keadaan lingkungan yang kondusif akan membuat manusia nyaman dan selalu dalam keadaan homeostasis. Namun, lingkungan terkadang memberikan efek negatif pada manusia yang dapat menyebabkan stress. Stress tidak dapat dihindarkan. Namun demikian, dengan memahami stressor dan stress itu sendiri, kita dapat meminimalkan stress yang tidak diperlukan, dan membuat diri kita lebih sehat , baik secara fisik , maupun mental. Untuk itulah kita perlu belajar untuk hidup bersama dengan stress. Beberapa upaya yang dapat dilakukan manusia untuk meminimalisasikan munculnya stress antara lain dengan beristirahat cukup, berolahraga teratur, rekreasi, menjaga menu dan pola makan. Namun, apabila telah terjadi stress, maka dapat ditanggulangi dengan cara coping yaitu dengan coping masalah dan coping emosi.
Contoh kasus:
Stokols dan Novaco (1981) mencatat besarnya biaya pulang pergi kerja, dengan penekanan pada pulang pergi kerja dengan mobil. Diantara masalah yang menyebabkan ketergantungan kita pada transportasi pribadi untuk pulang pergi kerja adalah pemakaian energi yang berlebihan dan kenyamanan yang diberikan. Masalah yang lain muncul menjadi pemicu dari pulang pergi kerja dan pengaruhnya pada kesehatan fisik dan mental.
Stress pulang pergi kerja mempunyai beberapa sumber. Penelitian telah menemukan bahwa kemacetan diasosiasikan sebagai pembangkit. Kepadatan jalan yang tinggi dihubungkan dengan peningkatan laporan dari penyakit dada dan pengukuran kecepatan jantung, tekanan darah, ketidakteraturan denyut jantung, dan kulit. (Aronow et al, 1972; Michaels, 1962;Stokols et al, 1978; Taggart, Gibbons & Somerville, 1969).
Penelitian menyatakan bahwa rute pulang pergi kerja yang ruwet dapat menyebabkan tekanan darah yang tinggi dan detak jantung yang cepat (Littler, Honour, & Sleight, 1973). Stress pulang pergi kerja juga dipengaruhi suhu, suara, kelembaban, dan polusi udara (Stokols & Novaco, 1981).
Tingginya gangguan pulang pergi kerja lebih sulit dan maka dari itu mungkin lebih menyebabkan stress. Bukti-bukti menyebutkan bahwa pulang pergi kerja dapat menyebabkan stress, tapi luasnya pengalaman stress tergantung pada sejumlah faktor. Stressor yang lain dan karakteristik sumber juga penting. Design jalan, jumlah kepadatan, kompleksnya jalan, dan kondisi semua aspek dari lingkungan pulang pergi kerja yang mempengaruhi stress. Dalam hal ini, faktor individu seperti gaya coping sangat penting, da n respon yang berbeda-beda terhadap kondisi pulang pergi kerja.

SUMBER:




Tidak ada komentar:

Posting Komentar